Header


Delegasi Tabayun
Download Relaas Delegasi Tabayun


SIPP PA SIDRAP
Sistem Informasi Penelusuran Perkara PA Sidenreng Rappang


putusan.mahkamahagung.go.id
Portal Akses Informasi Putusan di Lingkungan Peradilan


Zona Integritas PA Sidrap
PA Sidrap Menuju WBK/WBBM

 Sidang telekonference Pemeriksaan Saksi di PA Sidrap dari PA Poso

  Era baru dunia peradilan telah dimulai. Persidangan melalui media teleconference kini kian lazim dilakukan. Dengan pemanfaatan teknologi informasi sekaligus memenuhi protokol penanganan Covid-19, maka kondisi masyarakat yang terkendala karena keterbatasan kemampuannya, seperti kendala waktu, tempat dan biaya bukan lagi jadi masalah. Teknologi informasi memungkinkan pelaksanaan persidangan yang berasaskan cepat, mudah dan berbiaya ringan tetap bisa terlaksana meski pandemi Covid-19 belum menampakkan tanda-tanda akan berakhir, sehingga pengadilan tetap mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dan menghilangkan hambatan yang terjadi dengan tetap mengacu kepada norma-norma hukum yang berlaku.

 

Seperti yang dilakukan di Pengadilan Agama Sidenreng Rappang pada hari Rabu tanggal 27 Mei 2020 dimana Pengadilan Agama Sidenreng Rappang memfasilitasi delegasi pemeriksaan pihak melalui media teleconference atas permintaan bantuan dari Pengadilan Agama Poso dalam perkara Penetapan Dispensasi Kawin nomor 41/Pdt.P/2020/PA.Pso. Majelis Hakim yang diketuai oleh Faiz, S.H.I, M.H. dengan Hakim Anggota Muhammad Rifai, S.H.I. dan Walan Nauri, S.Sy. serta Panitera Pengganti Mohammad Jadil Naser, S.H.I. melakukan pemeriksaan terhadap calon mempelai laki-laki dan orang tuanya dimana calon mempelai laki-laki dan orang tuanya berada dalam yurisdiksi Pengadilan Agama Sidenreng Rappang.

Dalam acara persidangan tersebut, Pengadilan Agama Sidenreng Rappang menyiapkan Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Sidenreng Rappang untuk melangsungkan persidangan secara virtual tersebut. Berbagai perlengkapan disiapkan seperti perangkat audio, webcam, dan layar proyektor untuk mendukung jalannya persidangan tersebut. Selain menekan biaya dan waktu untuk menghadirkan pihak ke persidangan dimana pihak berada di Kabupaten Sidenreng Rappang dan persidangan diadakan di Kabupaten Poso, pemeriksaan melalui media teleconference ini juga merupakan upaya untuk menekan angka penyebaran Covid-19 tanpa menghilangkan hak masyarakat untuk mendapatkan layanan pengadilan yang cepat, mudah dan berbiaya ringan.

JoomShaper