Header


Delegasi Tabayun
Download Relaas Delegasi Tabayun


SIPP PA SIDRAP
Sistem Informasi Penelusuran Perkara PA Sidenreng Rappang


putusan.mahkamahagung.go.id
Portal Akses Informasi Putusan di Lingkungan Peradilan


Zona Integritas PA Sidrap
PA Sidrap Menuju WBK/WBBM

Sidang Perdana Hakim Baru PA Sidenreng Rappang

 Klick To Gallery

    Pengadilan Agama Sidenreng Rappang mendapat tambahan dua orang hakim baru,Heru Fachrurizal, S.H.I. dan Syaraswati Nur Awalia, S.Sy. Heru sendiri sebelumnya merupakan calon hakim pada Pengadilan Agama Sidenreng Rappang yang melakukan proses magang dalam rangka pendidikan dan latihan calon hakim di Pengadilan Agama Majalengka Kelas I A, sedangkan Syaraswati sebelumnya adalah calon hakim pada Pengadilan Agama Sinjai yang magang sebagai peserta diklat cakim di Pengadilan Agama Wonosobo Kelas I A.

 

    Keduanya telah menempuh pendidikan dan latihan sebagai calon hakim selama 1,5 tahun dan pada 21 April 2020, resmi sudah Heru dan Syaraswati menyandang status sebagai seorang hakim setelah keduanya dilantik dan diambil sumpah sebagai hakim oleh Ketua Pengadilan Agama Sidenreng Rappang. Heru dan Syaraswati pun akan memulai sidang perdana mereka di Pengadilan Agama Sidenreng Rappang pada pekan pertama di bulan Mei 2020. Berdasarkan SK Ketua Pengadilan Agama Sidenreng Rappang Nomor W20/96/HK.05/IV/2020 tanggal 4 Mei 2020 tentang Susunan Majelis pada Pengadilan Agama Sidenreng Rappang, Heru akan sidang bersama Hilmah Ismail, S.H.I. serta Ali Rasyidi Muhammad, Lc. sebagai ketua majelis di Majelis C2, kemudian bersama hakim anggota yang sama di Majelis B dimana Dr. Mukhtaruddin Bahrum, S.H.I., M.H. sebagai ketua majelis. Ada pun Syaraswati akan sidang bersama Ali Rasyidi Muhammad, Lc. serta Dra. Sitti Musyayyadah sebagai ketua majelis di Majelis C1, kemudian bersama Dra. Sitti Musyayyadah di Majelis A dimana H. Ali Hamdi, S.Ag., M.H. sebagai ketua majelis.

    Pada hari Senin tanggal 4 Mei 2020, Syaraswati telah memulai sidang perdananya bersama Majelis C1, demikian pula Heru telah melalui sidang perdananya pada Rabu tanggal 6 Mei 2020 bersama Majelis B. Keduanya menyebut bahwa hal ini merupakan tantangan dan sekaligus kesempatan untuk mengimplementasikan ilmu dan pengalaman yang telah diperoleh selama masa pendidikan calon hakim dalam dunia peradilan yang sebenarnya untuk memeriksa dan menyelesaikan perkara seadil-adilnya. Keduanya pun mengaku antusias mengikuti sidang perdana masing-masing, namun tak dipungkiri rasa gugup juga melanda walaupun sudah pernah melakukan latihan sidang di simulasi sidang semu pada proses pendidikan dan latihan sebagai calon hakim.Namun, dengan arahan ketua majelis masing-masing, baik Heru maupun Syaraswati berhasil menyelesaikan sidang perdana mereka dengan lancar.

    Kedatangan tenaga hakim baru sangat disyukuri mengingat sebelumnya hanya ada 5 orang hakim yang bertugas di Pengadilan Agama Sidenreng Rappang, padahal beban perkara di Pengadilan Agama Sidenreng Rappang cukup banyak secara kualitas maupun kuantitas. Maka dengan bertambahnya hakim di Pengadilan Agama Sidenreng Rappang diharapkan dapat meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dengan pendistribusian perkara yang dipecah pada empat majelis. Dengan demikian penumpukan perkara pada majelis tertentu dapat dikurangi dan diharapkan perkara selesai tidak melampaui batas waktu yang telah ditetapkan oleh Mahkamah Agung yaitu paling lama lima bulan termasuk minutasi (SEMA Nomor 02 Tahun 2014).

 

   

 

JoomShaper