Header


Delegasi Tabayun
Download Relaas Delegasi Tabayun


SIPP PA SIDRAP
Sistem Informasi Penelusuran Perkara PA Sidenreng Rappang


putusan.mahkamahagung.go.id
Portal Akses Informasi Putusan di Lingkungan Peradilan


Zona Integritas PA Sidrap
PA Sidrap Menuju WBK/WBBM

Sosilisasi Pembinaan Ditjen Badilag di PA Sidrap 2020

 Klick To Gallery

         Senin, 17 Februari 2020, pukul 08.00 WITA, pada apel rutin senin pagi yang bertempat di halaman kantor Pengadilan Agama Sidenreng Rappang, Ketua Pengadilan Agama Sidenreng Rappang, H. Ali Hamdi, S.Ag., M.H., mensosialisasikan Hasil Pembinaan Oleh Dirjen Badilag MA RI yang dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2020 di kantor Pengadilan Tinggi Agama Makassar. Beberapa poin penting yang disampaikan oleh Dirjen Badilag MA RI, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H yaitu:

 

  1. Pengadilan agama harus menerapkan 9 Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag yaitu Aplikasi Notifikasi Perkara, Aplikasi Informasi Produk dan Perkara, Aplikasi Antrian Sidang, Aplikasi Data Kemiskinan, Aplikasi Command Center, Aplikasi PNBP Fungsional, Aplikasi e-Eksaminasi, E-Register dan E-Keuangan Perkara. Tujuan penerapan aplikasi-aplikasi tersebut adalah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat para pencari keadilan dan untuk mewujudkan amanat pasal 2 ayat (4) UU Nomor 48 tahun 2009 tentang Kekuasaan kehakiman, bahwa peradilan itu dilakukan dengan sederhana, cepat dan biaya ringan dan juga sebagai wujud responsive Mahkamah Agung RI dalam menghadapi tuntutan dan perkembangan jaman yang semakin modern.
  2. Meningkatkan mutu pelayanan pada PTSP karena PTSP adalah perwujudan wajah pengadilan yang pertama kali ditemui para pencari keadilan. Oleh karena itu PTSP harus memberi kesan yang baik dan pelayanan yang prima.
  3. Pengadilan agama harus mengaplikasikan Dekorum Ruang Sidang dan K3 (Kebersihan, Kenyamanan dan Keindahan serta Kerapihan) sebagai salah satu aspek penting dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.
  4. Pengadilan agama seluruh Indonesia ke depannya diharapkan sudah membangun Zona Integritas menuju WBK dan WBBM. Pembangunan zona integritas ini bertujuan untuk mendukung program reformasi birokrasi sehingga mampu mengembangkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi, berkinerja tinggi dan memberikan pelayanan publik yang berkualitas.
JoomShaper