Header


Delegasi Tabayun
Download Relaas Delegasi Tabayun


SIPP PA SIDRAP
Sistem Informasi Penelusuran Perkara PA Sidenreng Rappang


putusan.mahkamahagung.go.id
Portal Akses Informasi Putusan di Lingkungan Peradilan

 
komdanas.mahkamahagung.go.id
Portal Komunikasi Data Nasional di Lingkungan Peradilan

×

Error

Could not load feed: https://www.pta-makassarkota.go.id/seputar-pengadilan-agama/feed/rss/

Sosiliasasi Eletigasi dan Pengguna Lain dalam Ecourt Mahkamah Agung di PA Sidrap 2019

 

Klick To Gallery

     Selasa26 November 2019, bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Agama Sidenreng Rappang,Ketua Pengadilan Agama Sidenreng Rappang mengadakan Rapat Sosialisasi Perma Nomor 1 tahun 2019 tentang administrasi perkara dan persidangan di pengadilan secara elektronik.Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka oleh H. Ali Hamdi, S.Ag., M.H. selaku Ketua Pengadilan Agama Sidenreng Rappang yang dihadiri oleh peserta rapat yang terdiri dari seluruh hakim, pejabat dan pegawai serta honorer Pengadilan Agama Sidenreng Rappang.

 

Selanjutnya sosialisasi PERMA Nomor 1 tahun 2019 dipaparkan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Sidenreng Rappang, Dr. Mukhtaruddin Bahrum, S.H.I., M.H.I. Materi yang di sampaikan pada sosialisasi ini yaitu dasar hukum e-court terbaru yaitu Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2019 tentang Administrasi Perkara dan Persidangan di Pengadilan Secara Elektronik. PERMA terbaru inimenyempurnakan PERMA yang sudah ada sebelumnya yaitu PERMA Nomor 3 Tahun 2018. Dalam pemaparan materi tersebut, Dr. Mukhtaruddin Bahrum, SHI., MHI. menyampaikan bahwa jika pada PERMA No 3 Tahun 2018 hanya ada peraturan tentang pelaksanaan e-filling, e-payment dan e-summons, maka pada Nomor 1 Tahun 2019 ditambahkan tentang peraturan pelaksanaan e-litigasi. Jadi, PERMA Nomor 1 Tahun 2019 ini sudah mencakup implementasi e-Filing (Pendaftaran Perkara Online di Pengadilan), e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online), e-Summons (Pemanggilan Pihak secara online), dan e-Litigation (Persidangan Secara Elektronik).Lebih lanjut beliau memaparkan bahwa PERMA Nomor 1 Tahun 2019tersebut memberikan payung hukum bagi implementasi aplikasi E-Court yang sudah memungkinkan pengiriman berkas yang tidak hanya terbatas pada berkas gugatan, namun juga terhadap surat jawaban berupa replik, duplik, dan kesimpulan serta digunakan untuk pemanggilan para pihak secara elektronik .

Setelah materi sosialisasi tersebut disampaikan secara umum oleh wakil ketua Pengadilan Agama Sidenreng Rappang, sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan simulasi e-Litigasi yang disampaikan oleh admin IT Pengadilan Agama Sidenreng Rappang, Saifurrijal, S.Kom. Para peserta mengikuti dengan antusias dan mengutarakan beberapa pertanyaan pada sesi tanya jawab. Beliau menyampaikan kepada para peserta untuk menggunakan user email (GMAIL) dimana user tersebut dapat digunakan sampai pensiun walaupun yang bersangkutan mutasi. Dalam simulasi tersebut, Saifurrijal, S.Kom. memaklumi bahwa meskipun awalnya e-litigasi terlihat sulit namun menurutnya itu hanya karena belum terbiasa, dan seiring berjalan waktu beliau yakin para peserta kelak akan terbiasa dengan hal tersebut dan meminta agar para peserta tidak segan bertanya dan meminta penjelasan apabila ada hal-hal yang tidak dimengerti.

Sebelum menutup pertemuan, Ketua Pengadilan Agama Sidenreng Rappang menyampaikan bahwa perkembangan teknologi informasi yang pesat di era sekarang ini telah memaksa setiap orang untuk terus belajar mengikuti perkembangan yang ada. Begitupun dengan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang terus berinovasi dalam melakukan reformasi administrasi di pengadilan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Beliau mengajak semua peserta rapat sebagai aparatur pengadilan agar mau terus belajar dan terbuka terhadap perubahan karena kemajuan teknologi di segala bidang tidak bisa terhindarkan.

  

JoomShaper