Header


Delegasi Tabayun
Download Relaas Delegasi Tabayun


SIPP PA SIDRAP
Sistem Informasi Penelusuran Perkara PA Sidenreng Rappang


putusan.mahkamahagung.go.id
Portal Akses Informasi Putusan di Lingkungan Peradilan

 
komdanas.mahkamahagung.go.id
Portal Komunikasi Data Nasional di Lingkungan Peradilan

×

Error

Could not load feed: https://www.pta-makassarkota.go.id/seputar-pengadilan-agama/feed/rss/

Sosialisasi 9 Aplikasi Innovasi Dirtjen Badilag

 

Klick To Gallery

    Selasa 22 Oktober 2019, bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Agama Sidenreng Rappang,Ketua Pengadilan Agama Sidenreng Rappang mengadakan Rapat Sosialisasi 9 Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag.Kegiatan sosialisasi tersebut dipimpin sekaligus dibuka oleh H. Ali Hamdi, S.Ag., M.H. selaku Ketua Pengadilan Agama Sidenreng Rappang yang dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawai Pengadilan Agama Sidenreng Rappang.

 Selanjutnya, ke-9 aplikasi unggulan tersebut disosialisasikan oleh Dr. MukhtaruddinBahrum, S.H.I., M.H.I. selaku Wakil Ketua Pengadilan Agama Sidenreng Rappang.Adapun ruang lingkup penerapan 9 (sembilan) Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag terdiri dari :

 1) Aplikasi Notifikasi Perkara

 2) Aplikasi Informasi Produk dan Perkara

 3) Aplikasi Antrian Sidang

 4) Aplikasi Data Kemiskinan

 5) Aplikasi Command Center

 6) Aplikasi PNBP Fungsional

 7) Aplikasi e-Eksaminasi

 8) E-Register

 9) E-Keuangan Perkara

 Sebelumnya, ke-9 aplikasi tersebut telah diluncurkan oleh Ketua Mahkamah Agung RI pada 18 September 2019 di Jakarta, dengan tujuan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat para pencari keadilan dan untuk mewujudkan amanat pasal 2 ayat (4) UU Nomor 48 tahun 2009 tentang Kekuasaan kehakiman, bahwa peradilan itu dilakukan dengan sederhana, cepat dan biaya ringan dan juga sebagai wujud responsive Mahkamah Agung RI dalam menghadapi tuntutan dan perkembangan jaman yang semakin modern.

 Sebagai tindak lanjutnya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar dalam suratnya Nomor W20-A/2778/OT.02.1/X/2019 tanggal 16 Oktober 2019 perihal Perintah Penggunaan Aplikasi Inovasi Pelayanan Peradilan Agama, mewajibkan penerapan ke-9 aplikasi tersebut di seluruh Pengadilan Agama di wilayah PTA Makassar paling lambat tanggal 1 November 2019.

 Dalam rapat sosialisasi tersebut, Wakil Ketua Pengadilan Agama Sidenreng Rappang menjelaskan bahwa dengan dikeluarkannya instruksi dari Ketua PTA Makassar tersebut, maka semua Pengadilan Agama wajib segera melakukan ujicoba terhadap 9 aplikasi tersebut. Beliau menambahkan, untuk saat ini sudah ada beberapa aplikasi yang telah dijalankan di Pengadilan Agama Sidenreng Rappang. Terakhir beliau menyampaikan harapan bahwa semua aplikasi tersebut dapat diterapkan di Pengadilan Agama Sidenreng Rappang tanpa kecuali, dan apabila ada kendala dalam hal teknis terkait operasional serta sistem aplikasi maka permasalahan tersebut dapat disampaikan kepada Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI melalui formulir yang telah disiapkan.

 

 

JoomShaper