Header


Delegasi Tabayun
Download Relaas Delegasi Tabayun


SIPP PA SIDRAP
Sistem Informasi Penelusuran Perkara PA Sidenreng Rappang


putusan.mahkamahagung.go.id
Portal Akses Informasi Putusan di Lingkungan Peradilan

 
komdanas.mahkamahagung.go.id
Portal Komunikasi Data Nasional di Lingkungan Peradilan

×

Error

Could not load feed: https://www.pta-makassarkota.go.id/seputar-pengadilan-agama/feed/rss/

Sidang Keliling KUA Kecamatan Pitu Riawa

Klick To Gallery Foto

 

   Dalam rangka meningkatkan pelayanan hukum bagi masyarakat serta mewujudkan asas peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan , Pengadilan Agama Sidenreng Rappang kembali melaksanakan sidang di luar gedung pengadilan yaitu Sidang Keliling. Tujuan sidang keliling kali ini adalah di Desa Lasiwala, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidenreng Rappang berdasarkan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Sidenreng Rappang Nomor : W20-A9/ 108 /Hk.05/VI/2019 tanggal 27 Juni 2019 tentang Pelaksanaan Sidang Keliling Insidentil Wilayah Hukum Pengadilan Agama Sidenreng Rappang.

 

   Tim yang terdiri dari H. Ali Hamdi, S.Ag. M.H. sebagai Ketua Majelis, Ali Rasyidi Muhammad, Lc. dan Hilmah Ismail, S.H.I. masing-masing sebagai Hakim anggota, dan Drs. Hasan sebagai Panitera Pengganti, Hendra, S.H., sebagai jurusita serta dibantu oleh seorang admin dan driver. Pelaksanaan Sidang keliling dijadwalkan pada hari Kamis, tanggal 27 Juni 2019 pukul 09.00 WIB bertempat di Kantor Desa Lasiwala, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidenreng Rappang. Perkara yang ditangani ada 5 perkara, yaitu 3 perkara cerai gugat, 1 perkara permohonan itsbat nikah dan 1 perkara permohonan dispensasi kawin.

   Pelaksanaan dan tata cara sidang keliling persis seperti pada sidang di kantor Pengadilan Agama, sidang dimulai jam 09.00, para pencari keadilan satu persatu dipanggil masuk ruang sidang sesuai dengan nomor urut antrian. Jika para pihak datang semua, sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 1 Tahun 2016, mereka diharuskan menempuh mediasi lebih dulu, dengan Mediator yang telah disiapkan, tetapi jika salah satu pihak tidak hadir, maka sidang akan ditunda untuk memanggil para pihak supaya hadir pada sidang berikutnya.

   Setelah berakhirnya sidang, salah satu pihak yang mengajukan perkara melalui sidang keliling mengatakan bahwa pelaksanaan sidang keliling ini sangat membantu, karena perjalanan dari rumah ke tempat sidang keliling jauh lebih dekat jika dibandingkan untuk bersidang di Kantor Pengadilan Agama Sidenreng Rappang sehingga bisa menghemat biaya transportasi. Selain itu proses persidangan dan waktu tunggu juga tidak memakan waktu lama karena jumlah perkara yang disidangkan lewat sidang keliling tidak terlalu banyak.

 

 

JoomShaper